Menilai risiko kecurangan


      Menilai risiko kecurangan, SAS 99 singkatan dari (Statement on Auditing Standards) memberikan pedoman untuk menilai risiko kecurangan bagi auditor dan  mempertahankan tingkat Skeptisisme profesional ketika mempertimbangkan informasi,faktor risiko kecurangan untuk mengidentifikasi dalam menanggapi risiko kecurangan.
   SAS 1 menyatakan Skeptisme Profesional yaitu “ Auditor tidak mengasumsikan management tidak jujur tetapi juga tidak mengasumsikan kejujuran sebuah Absolut”. Dalam pratiknya melalui prosedur evaluasi atas penerimaan dan kelanjutan klien serta auditor menolak sebagian besar calon klien yang dianggap tidak memiliki kejujuran dan integritas diantaranya.

1.      Komunikasi diantara tim audit
      SAS 99 Mewajibkan tim audit mengadakan diskusi untuk berbagi wawasan akan risiko kecurangan diantara tim audit yang lebih berpengalaman. Salah satunya berdiskusi “ Bagaimana management dapat melakukan dan menutupi pelaporan keuangan ?”

2.      Pengajuan pertanyaan kepada management
  SAS 99 Mengharuskan auditor untuk mengajukan pertanyaan spesifik tentang kecurangan dalam setiap audit. Auditor harus menanyakan tentang proses management dalam menilai risiko kecurangan ,sifat  risiko kecurangan dan immpelentasi pengendalian internal dalam mengatasi risiko.

3.      Faktor risiko kecurangan
 SAS 99 Mengharuskan auditor mengevaluasi faktor-faktor risiko kecurangan mengindikasikan adanya insentif atau tekanan, kesempatan dan  sikap untuk berbuat kecurangan.

4.      Prosedur analitis
 SAS 99 mengharuskan auditor melaksanakan prosedur ananlitis atas akun-akun pendapatan. Bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan tidak bias  atau tidak diharapkan melibatkan akun-akun pendapatan yang terindikasi adanya kecurangan pelaporan keuangan.

5.      Informasi lainya.
 Mempertimbangkan semua informasi yang sudah diperoleh dan serta Informasi menilai risiko inheren dan risiko pengendalian yang membuat auditor mengkhawatirkan adanya salah saji akibat kecurangan.

0 komentar:

Posting Komentar


up